Tuesday 26 April 2016

Persiapan Yang Harus Dilakukan Sebelum Membuat Sebuah Website

Membuat sebuah website itu gampang-gampang susah karena banyak tahapan-tahapan agar website tersebut bisa berjalan dengan sesuai keinginan kita.

Saya sudah sering membuat sebuah website dan saya selalu memperbaiki langkah-langkah saya sebelum membuat sebuah website. Karena persiapan awal itu sangat berpengaruh dalam proses pembuatannya.

Agar anda ketika membuat website sesuai dengan keinginan anda maka saya akan membagikan tentang artikel Persiapan Yang Dilakukan Sebelum Membuat Sebuah Website.

1. Tujuan pembuatan website


Apa tujuan anda ingin membuat sebuah website? Untuk mendapatkan pelanggan atau untuk mengkampanyekan perusahaan anda tersebut?
Apapun tujuan anda membuat website anda harus menjabarkan nya dengan terperinci. Biasanya website dibuat dengan lebih dari satu tujuan. Tapi meskipun anda mempunyai banyak tujuan tapi untuk poin terpenting nya harus ditekankan dari segi desain dan konten.

2. Target pengunjung website anda


Sebelum anda menentukan target pengunjung anda, sebaiknya anda harus tahu terlebih dahulu karakteristik target pelanggan anda. Apakah pelanggan anda orang awam, menengah ataupun para profesional.

3. Menentukan Konten yang mau dibuat pada website


Sebuah website harus menyediakan sebuah konten yang mengubah pengunjung menjadi pembeli jika website yang anda buat adalah toko online atau market place.
Jika website yang anda buat hanya sebuah company profile mungkin konten utama atau deskripsi dari perusahaan anda hanya dilihat sesekali oleh pengunjung website anda. Agar konten utama yang anda buat sering dilihat oleh pengunjung sebaiknya anda juga membuat halaman untuk artikel / blog agar website anda mempunyai banyak pengunjung dan tidak hilang dari google.

4. Hal apa yang perlu dilakukan oleh pengunjung website anda


Apa yang anda inginkan untuk pengunjung website anda lakukan di website anda? Membeli produk anda? Mendaftarkan akun? Membagikan konten ke social media? Apapun yang anda inginkan, pastinya hal tersebut sangat berkaitan dengan tujuan di buatnya website tersebut.


5. Teknologi / Bahasa pemrograman apa yang akan anda gunakan


Majunya perkembangan teknologi memaksa anda agar tidak tertinggal zaman. Mungkin anda juga sudah tahu website sekarang bisa di akses juga menggunakan perangkat mobile. Jadi website yang anda buat juga minimal harus sudah mengakomodasi konsep tersebut.
Untuk bahasa pemrogramannya anda bisa menggunakan PHP, Ruby, Phyton dan lain-lain tergantung kebutuhan dari clientnya itu sendiri. Sekarang juga sudah banyak yang menggunakan CMS (Content Management System) untuk mempermudah anda dalam membuat sebuah website.

6. Strategi marketing yang akan anda gunakan


Website yang anda buat tidak bisa mendapatkan pengunjung dengan sendirinya. Banyak strategi online yang anda bisa lakukan agar website anda banyak dikunjungi pengunjung. Diantaranya melalui advertising di google namanya adalah google adwords. Ada cara yang gratis juga yaitu dengan membuat banyak artikel yang dibutuhkan oleh orang-orang. Tapi cara ini butuh waktu yang lama jika dibandingkan dengan memasang iklan.

7. Pembentukan tim untuk mengurus website


Agar website anda terurus sebaiknya anda harus membentuk tim-tim untuk mengurus website tersebut. Jika anda membuat website portal berarti minimal anda harus mempunyai tim direksi untuk mencari artikel dan tim copy writer untuk menulis artikel.

8. Menentukan budget pembuatan website


Untuk masalah budget tergantung dari tingkat kesulitan. Jika anda mendapatkan project yang besar dan tingkat kesulitannya pun tinggi. Anda jangan malu-malu untuk memberikan penawaran yang tinggi juga karena dari tingkat kesulitannya juga butuh banyak para programmer yang sudah ahli dibidangnya untuk membuat project website tersebut.

Demikianlah artikel tentang Persiapan Yang Harus Dilakukan Sebelum Membuat Sebuah Website mudah-mudahan bisa bermanfaat bagi kita semua

Terima kasih telah mengunjungi blog Dewa Coding 21

Related Posts

Persiapan Yang Harus Dilakukan Sebelum Membuat Sebuah Website
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.